Sejak lama, manusia mengetahui bahwa BMI (body mass index) dapat memprediksi apakah seseorang cenderung untuk memperoleh serangan jantung.
Perbandingan tersebut diperoleh dari membagi Berat Badan (dalam kilogram) dengan Tinggi Badan kuadrat (dalam meter), dengan standar sbb:

– Ideal body weighs = BMI 20-25

– Under body weighs = BMI 25

Tetapi sekarang, kita mendapat sesuatu kenyataan baru.
Melalui sebuah riset terhadap 27.000 orang dari 52 negara, dilakukan oleh periset dari McMaster University of Canada, ditemukan ”Waist-to-Hip ratio” (perbandingan pinggang-pinggul).
Kabar baiknya adalah, Ratio baru ini tiga kali lebih kuat daripada BMI Index dalam memprediksi Serangan Jantung. Sebaliknya Ratio baru ini memiliki ketepatan tiga kali lebih baik dari pada body mass index.

Bila anda memiliki body mass index yang ideal, Resiko terkena serangan jantung tetap tinggi bila anda memiliki nilai tinggi untuk waist-to-hip ratio. Sebagai contoh, bila anda memiliki perut gendut, anda akan memiliki resiko lebih tinggi memperoleh serangan jantung, sebaliknya seseorang yang memiliki BMI tinggi tapi memiliki pinggang kecil, akan tidak mempunyai resiko tinggi untuk mendapatkan serangan jantung.
Yang mengejutkan adalah, pasien serangan jantung memiliki Waist-to-hip ratio tinggi yang menyolok, tidak tergantung pada Usia mereka, atau faktor resiko tinggi yang lain, seperti tekanan darah tinggi, merokok dan/atau kadar kholesterol tinggi.
Oleh sebab itu, adalah merupakan kewajiban anda untuk membuat lingkar perut anda tidak terlalu besar. Atau, anda harus memastikan bahwa lingkar pinggang anda tidak lebih besar daripada lingkar pinggul anda.
Pinggang yang lebih besar daripada pinggul disebut “apple shaped” dan Pinggang lebih kecil daripada pinggul disebut ”pear shaped”.
Tentu saja, pilihan anda tidak tergantung pada kegemaran anda pada salah satu buah tersebut, tapi anda harus menggunakan buah pear untuk menggambarkan badan anda dari pinggang kebawah.

Kemudian, apa yang harus kita lakukan untuk memastikan masalah tersebut diatas tidak datang?

Pertama dan yang paling sederhana adalah: Anda cukup menyimpan celana atau rok anda yang paling kecil untuk tetap dapat digunakan, untuk memeriksa ukuran pinggang anda secara berkala. Misalnya sekali dalam dua bulan, tapi saya kira sebulan sekali lebih baik, jadi anda dapat mencegah lingkar perut anda menjadi besar.

Kedua, Anda harus mulai menjalani hidup lebih sehat. Mulailah untuk makan sesuatu yang segar, alamiah dan sehat. Terutama untuk usia 30 tahun keatas, hindarkan (atau kurangi makan) makanan tidak baik seperti: Junk food, makanan berlemak, gorengan, meskipun menggunakan minyak tidak jenuh. Anda tahu mengapa? Bagaimanapun lemak tetap lemak! Lebih baik bila anda dapat memilih makanan tanpa pupuk. Lakukan beberapa olah raga aerobik, seperti misalnya: Jalan, jogging, bersepeda, berenang dan lari. Alhamdulillah, olah taga ini tidak mahal. Semuanya itu hanya membutuhkan alat sederhana dan hanya memerlukan sedikit kemauan.

Dan ketiga, kunjungi dokter anda. Dokter akan memberi saran bagaimana menjaga badan anda sehat. Bila anda meragukannya, anda dapat mencari second, third atau fourthly opinion.

Kemudian…selamat bekerja sehat yang baik ….